Senin, 19 Maret 2012

SEPUTAR DUNIA MOTOR DENGAN DESAIN UNIK DAN MENGERIKAN

 



India Ciptakan Sepeda Motor Bermesin Diesel
Altius Scimitar didesain untuk dua trak, yakni lintasan aspal dan off-road.



Semakin tinggi harga bahan bakar minyak (bensin), membuat produsen motor terus melakukan inovasi dengan membuat sepeda motor bermesin diesel. Salah satunya adalah pabrikan asal India, Altius Motors.

Dilansir Motorbeam, Selasa 24 Januari 2012, sepeda motor bergaya adventure dengan mesin diesel ini, dibuat oleh perusahaan yang didirikan oleh mantan eksekutif Hyundai dan Tata Motors, BVR Subbu.

Motor yang diberi nama Altius Scimitar dibekali mesin diesel silinder tunggal indirect injection berkapasitas 670cc. Mesin ini diklaim mampu menyemburkan tenaga tenaga hingga 33 tenaga kuda dengan torsi maksimum 53 Nm.

Hebatnya, Altius Scimitar didesain untuk dua trak, yakni lintasan aspal dan off-road. Seperti diketahui, mesin diesel dikenal memiliki keunggulan pada torsi rendah sehingga sangat cocok untuk lintasan off-road.

Namun, perusahaan yang berbasis di kota Chennai, India, masih melakukan pengembangan dan penyempurnaan. Pasalnya, teknologi mesin diesel dikenal memiliki getaran lebih besar dan lebih berat. Hingga kini, pihaknya belum bisa memastikan apakah motor ini kelak akan diproduksi massal.











RADAR JAMBI COM-Daftar Motor-motor Terbaik di Dunia (1)
Sedikitnya ada 15 motor yang dianggap terbaik dari berbagai merek.

Ada empat kriteria yang harus dimiliki oleh sepeda motor agar bisa dimintai oleh pasar. Keempat kriteria itu adalah kuat, cepat, irit, dan memiliki desain yang menarik.

Dilansir Automotto, Selasa 13 Maret 2012, tak heran jika para produsen motor terus berlomba-lomba menciptakan sepeda motor dengan menggabungkan keempat kriteria tersebut.

Tak hanya ingin laku di pasaran, produsen motor di dunia ini juga berharap jika produk itu kelak menjadi alat tranportasi menakjubkan sepanjang masa.

Berikut daftar 15 motor terbaik di dunia versi Automotto:

1. BMW HP2 Sport

BMW menjadi salah satu produsen sepeda motor terbaik dunia, saat mendatangkan BMW HP2 sport tahun 2008 dengan kapasitas mesin 1.170 cc. Dengan mesin Boxer yang kuat, motor ini mampu menghembuskan tenaga 130 hp.

Motor ini dilengkapi fitur pengereman Anti-lock Brake System (ABS), mekanisme pengereman Brembo dan suspensi dari Ohlins. Bila ingin memiliki motor, silakan tebus dengan harga Rp240 juta.

2. Honda CRF450R

CRF450R pernah mendapatkan penghargaan 10 motor terbaik selama delapan tahun berturut-turut dari salah satu majalah di Amerika. Daya tahan, tenaga, dan handling yang baik menjadi kombinasi yang menyenangkan untuk motor ini.

Fitur lain yakni dengan mesin CDI yang ringan, tiga sistem pengapian, perawatan yang mudah, serta desain knalpot baru. Motor ini juga disuguhi fitur HPSD (Honda Progressive Steering Damper), yang menjadikan motor tetap stabil di segala medan.

3. Pitbull

Motor ini menggabungkan unsur tenaga dan ketangguhan. Pitbull pernah dianugerahi The Best Cruiser dengab mesin V-Twin pada tahun 2008. Pengemudi dapat merasakan berkendara yang lebih bergaya dengan motor ini.

4. Harley Davidson CVO Street Glide FLHXSE

Motor ini dibuat terbatas dengan mesin V-Twin sebagai sumber tenaganya. Harley CVO Street Glide FLHXSE juga dibalut pangecatan yang modern, aksen krom, dan ubahan yang mengedepankan gaya. Motor ini menjadi motor touring paling mengesankan milik Harley-Davidson.

5. Kawasaki Ninja 250R

Ninja 250R dijual sejak tahun 1986 sebagai motor entry level di kelas sport bike, yang berkompetisi langsung dengan Bajaj di India.

Tampilan yang agresif dan velg alloy dengan 6 palang menjadi daya pikat dari motor buatan Jepang ini. Mesinnya dibuat senyaman mungkin dengan perpindahan gigi yang halus.

6. Ducatti Streetfighter

Motor yang didesain Damien Bassett ini menghadirkan ekspektasi baik dari perusahaan. Meski sempat menuai kritik karena desainnya mirip dengan Ducati 1098 superbike.

Motor ini dibanderol mahal karena menggunakan velg yang terbuat dari alumunium, suspensi Ohlin yang nyaman berkat DDA dan DTC, serta fitur untuk menganalisa kondisi motor dan cara pengendalian yang tepat.

7. Yamaha YZF R1

Tampilan motor ini begitu menarik dengan model lampu yang 'menyipit'. YZF R1 menggabungkan unsur tenaga dan desain.

Dengan mesin yang bertenaga dan perpindahan gigi yang anti slip, serta teknologi untuk mengatur ruang pembakaran yang lebih sempurna, menjadikan daya tarik tersendiri dari motor berlambang garpu tala.


Daftar Motor-motor Terbaik di Dunia (2)
Sedikitnya ada 15 motor yang dianggap terbaik dari berbagai merek.

Ada empat kriteria yang harus dimiliki oleh sepeda motor agar bisa dicintai oleh pasar. Keempat kriteria itu adalah kuat, cepat, irit, dan memiliki desain yang menarik.

Dilansir Automotto, Selasa 13 Maret 2012, tak heran jika para produsen motor terus berlomba-lomba menciptakan sepeda motor dengan menggabungkan keempat kriteria tersebut.

Tak hanya ingin laku di pasaran, produsen motor di dunia ini juga berharap jika produk itu kelak menjadi alat tranportasi menakjubkan sepanjang masa.

Berikut daftar 15 motor terbaik di dunia versi Automotto: 1-7 bisa Anda klik di sini.

8. Honda CBR 1100 XX Super Blackbird

Motor yang diluncurkan pada tahun 1996 memiliki tiga pilihan warna merah, titanium, dan hitam. Motor buatan Jepang ini, memiliki fitur menarik seperti mesin yang bertenaga, kenyamanan berkendara, handling yang baik, dan dibuat presisi untuk pengemudi. Motor ini mengalami ubahan mesin di tahun 1999 dengan menggunakan teknologi Programme Fuel Injection (PGM-FI).

9. BMW R51/3

BMW R51/3 menjadi motor touring yang ringan. BMW menyematkan mesin flat-twin 500 cc yang mampu menghasilkan tenaga 24 hp, serta dengan bantingan suspensi belakang yang kokoh.



10. Aprilia RSV 1000 R

Salah satu motor supersport yang sesuai dengan kondisi di sirkuit dengan pengendalian yang presisi. Itu ditunjang dengan tenaga yang mumpuni, dan teknologi yang disempurnakan dengan mesin 4-silinder.



11. Suzuki B-King Street

Motor yang dinantikan wujudnya di tahun 2001 ini, memiliki mesin bertenaga 240 hp dan mampu memberikan tenaga seperti pada mesin Suzuki GSX1400. Motor ini menggunakan material kulit pada jok, balutan alumunium di beberapa bagian, bodi berbahan karbon, dan besi stainless.

12. Triumph T595

Motor ini memiliki dua tipe mesin yakni 750 cc dan 1.200 cc. Desain terlihat gagah berkat adanya perpaduan unsur sport dan touring.





13. Suzuki Hayabusa

Untuk para biker yang memiliki minat tinggi terhadap motor sport, Suzuki Hayabusa bisa menjadi jawabannya. Motor ini menggabungkan tenaga besar, aerodinamis yang baik, dan handling yang mumpuni. Dengan mesin DOHC, Hayabusa memiliki kapasitas mesin 1.304 cc dengan 16 katup.

14. Supermotto Zero S listrik

Motor ini memiliki tenaga 31 hp dan torsi 62,5 lb ft, dengan kecepatan maksimum 100 km/jam. Kecepatan ini dapat menempuh 60 mil dalam sekali pengisian baterai.



15. Harley Davidson XR750

Harley Davidson XR750 menjadi motor yang mampu melewati kondisi jalan yang buruk. Motor ini pernah meraih AMA Grand Nation Championship.


10 Motor dengan Desain Mengerikan (1)
Modifikasi dilakukan mulai dari model sasis yang berbentuk tengkorak manusia dan binatang.

Desain motor yang garang nampaknya belum cukup bagi para penggila modifikasi motor di dunia. Mereka rela merobak tunggangannya demi mendapatkan kesan angker.

Modifikasi dilakukan mulai dari model sasis yang berbentuk tengkorak manusia dan binatang. Mungkin untuk sebagian orang awam ubahan yang dilakukan terlihat aneh. Tapi di sisi lain, hal itu mendapat daya tarik tersendiri dari setiap motor.

Mereka berharap modifikasi itu bisa mencerminkan karakter dari setiap pengendaranya. Mereka juga rela mengeluarkan uang yang cukup banyak, demi melahirkan sebuah sepeda motor bernilai seni tinggi.

Berikut 10 motor modifikasi yang memiliki desain menyeramkan versi Automotto:

1. Titanium Skeleton Bike

Motor gede berbentuk tulang titanium didesain oleh John Farr. Sebuah majalah otomotif terkemuka di Amerika menyebut moge ini dengan julukan "The Crypt". Kerangka yang digunakan untuk motor ini adalah Titanium Grade 2.

2. Extreem Corpse Motorcycle

Sepeda motor karya Blue Flame Alley ini dibuat dengan tingkat kreatifitas yang sangat luar biasa. Itu terlihat dari model terpahat seperti tulang rusuk yang hancur di bagian tangkinya.

Kemudian desain kerangka tangan yang meraih roda depannya. Desain bentuk kerangka tulang kaki di belakang pun tampak mantap mencengkram bagian belakang jok. Selain itu, di bagian sisi tangki bahan bakarnya juga terdapat jantung yang menjuntai.

3. Skeleton Bike

Sayangnya, tidak diketahui data yang pasti mengenai desainer kendaraan ini. Begitu juga maksud dari modifikasi motor yang berbentuk sangat menakutkan.



4. Devil Skeleton Bike

Tidak ada informasi yang jelas mengenai modifikator dari motor ini. Yang jelas, motor ini terlihat seperti berasal dari "neraka" dan dapat "menerkam" motor-motor lainnya di jalanan.



5. Skelton Bike II

Bentuk motor ini terlihat dengan kerangka tangan manusia yang merebah di bagian depan, serta kerangka kaki di bagian roda belakangnya. Tidak jelas siapa yang membuatnya, tetapi rasanya motor seperti ini layak untuk dimasukkan ke dalam daftar.

10 Motor dengan Desain Mengerikan (2)
Modifikasi dilakukan mulai dari model sasis yang berbentuk tengkorak manusia dan binatang.

Desain motor yang garang nampaknya belum cukup bagi para penggila modifikasi motor di dunia. Mereka rela merobak tunggangannya demi mendapatkan kesan angker.

Modifikasi dilakukan mulai dari model sasis yang berbentuk tengkorak manusia dan binatang. Mungkin untuk sebagian orang awam ubahan yang dilakukan terlihat aneh. Tapi di sisi lain, hal itu mendapat daya tarik tersendiri dari setiap motor.

Mereka berharap modifikasi itu bisa mencerminkan karakter dari setiap pengendaranya. Mereka juga rela mengeluarkan uang yang cukup banyak, demi melahirkan sebuah sepeda motor bernilai seni tinggi.

Berikut 10 motor modifikasi yang memiliki desain menyeramkan versi Automotto: 1-5 bisa Anda klik di sini.

6. Skull Motorcycle

Siapapun yang membuat motor ini, pastinya telah melakukannya dengan sangat luar biasa. Tangki bahan bakar di motor ini telah diubah menjadi bentuk tengkorak.

Aura jahat sangat terlihat dari motor ini. Lampu depannya telah diganti menjadi mata tengkorak sehingga terlihat makin menyeramkan.

7. GatorBike

Motor yang didesain oleh Jim Jablon dibuat secara khusus menggunakan kulit dan tengkorak buaya asli yang diambil oleh otoritas setempat melalui ijin resmi.

Motor dengan mesin Ultima ini dibuat dengan tujuan untuk menggalang dana bagi pusat rehabilitasi binatang milik Jim. Lembaga tersebut bertugas untuk menyelamatkan satwa liar yang sering diburu dan dirusak habitatnya oleh orang yang tak bertanggung jawab.

8. Suzuki Hayabusa Predator

Dimodifikasi oleh Pitstop Motorsport, Hayabusa ini dibalut dengan tampilan Monster Prodator, makhluk dalam film "Predator" yang dibintangi Arnold Schwarznegger. Makhluk buas seakan-akan mengintai anda melalui motor keluaran tahun 2007 ini.

9. Skeleton Chopper Bike

Motor ini akan sangat menakutkan di jalanan gelap, karena desainnya yang aneh dengan menggunakan kerangka tengkorak. Motor seperti ini lebih cocok digunakan untuk menakut-nakuti orang lain.



10. Weird Toon Bike

Tak jelas siapa yang membuat motor seperti ini. Tetapi, jika Anda mengendarainya pada saat halloween, mungkin orang-orang yang melihatnya tidak akan pernah mau nonton film kartun lagi.













BBM Naik, Produsen Motor Panen Keuntungan?
Kenaikan harga BBM kemungkinan akan membuat sebagian pengguna mobil beralih ke motor.

Rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) pada April mendatang, tidak akan berdampak buruk terhadap industri motor tanah air. Kenaikan ini justru menjadi momentum kenaikan penjualan sepeda motor.

Para produsen motor justru berlomba-lomba untuk meluncurkan sepeda motor irit di awal tahun ini. Mulai dari Yamaha dengan Mio J dan Honda dengan Vario Techno 125 Programme Fuel Injection (PGM-FI). Kedua sengaja diplot untuk menjadi solusi berkendaraan di tengah kenaikan harga BBM.

"Rencana kenaikan harga BBM tidak membuat kami melakukan koreksi target penjualan. Ini tidak akan berdampak buruk, justru akan menambah penjualan," kata General Manager Marketing dan Promosi, Yamaha Motor Indonesia, Eko Prabowo, Selasa 6 Maret 2012.

Menurutnya kenaikan harga BBM kemungkinan akan membuat sebagian pengguna mobil beralih menggunakan sepeda motor. "Mereka yang menggunakan mobil pribadi dengan kapasitas CC mesin yang besar, akan berpikir dua kali menggunakannya. Justru ada peluang mereka beralih ke sepeda motor," kata dia.

Hal senada juga diungkapkan Senior General Manager Sales Division PT Astra Honda Motor (AHM), Sigit Kumala. Ia menilai kenaikan ini tidak akan terlalu berdampak langsung pada penjualan sepeda motor.

Bahkan, AHM langsung menawarkan varian-varian terbaru sepeda motornya yang irit bahan bakar. "Semua produk honda khususnya yang berteknologi Programme Fuel Injection (PGM-FI) memiliki efisien bahan bakar. Jadi konsumen tidak perlu takut meskipun terjadi kenaikan harga BBM," kata Sigit.

Sikap optimis diungkapkan pula oleh Kawasaki Motor Indonesia. Menurut Reiner M Sitorus, Market Service Marketing & Sales Division Head KMI, kenaikan harga BBM tidak akan mempengaruhi penjualan Kawasaki di tanah air.

"Kami lebih bermain di motor sport, tentu konsumennya sudah terbiasa menggunakan Pertamax. Jadi ini tidak akan berdampak. Bahkan, kami siap meluncurkan 2 model terbaru di tahun ini," kata Reiner.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), 666.541 unit sepeda motor mampu terjual di bulan Februari 2012.

Adapun untuk posisi pertama masih ditempati oleh Honda, dengan torehan penjualan 355.580 unit. Kemudian disusul oleh Yamaha dengan penjualan 257.881 unit.

Sedangkan di posisi selanjutnya masing-masing ditempati oleh Suzuki (41.396 unit), Kawasaki (10.244 unit), dan TVS (1.449 unit).

Awal Tahun, Ini Daftar Motor yang Kena Recall
Para produsen motor di dunia ramai-ramai menarik produknya dari pasar.

Awal tahun 2012 menjadi catatan tersendiri bagi para produsen motor di dunia, seperti Ducati, Harley-Davidson, Kawasaki, Bajaj Auto. Sebab, mereka harus melakukan recall atau menarik kembali produknya

Recall dilakukan akibatnya adanya masalah di bagian komponen motor tersebut. Recall terbaru dilakukan Ducati dengan menarik model Monster 1100 Evo, karena velg yang melekat di kaki motor model tahun 2011 dan 2012 ditengarai mudah retak.

Potensi keretakan di velg berpotensi membuat ban belakang menjadi gembos. Itu tentu berbahaya bagi keselamatan. Untuk itu Ducati siap mengganti pelek belakang Monster 1100 Evo model tahun 2011-2012 yang berkode DU6-RR.

Sebelumnya recall juga dilakukan Ducati terhadap dua produknya di 2012, yakni Ducati Monster dan Hypermotard. Penarikan dilakukan lantaran ditemukan adanya masalah di bagian saluran bahan bakar.

Tak hanya Ducati, Harley-Davidson ikut merecall model Dyna tahun lansiran 1996 sampai 2012 dan Softail tahun 1999 sampai 2012. Penarikan dilakukan lantaran ditemukan potensi kebocoran komponen rem aksesoris.

Bencana recall juga dialami produsen motor sport terbesar di dunia, Kawasaki. Mereka menarik kembali dua model superbike miliknya. Kedua model itu adalah Kawasaki Ninja ZX-10R lansiran 2008-2011, dan Kawasaki Ninja ZX-6R lansiran 2009-2012.



Ada sekitar 20.544 motor yang harus ditarik karena mengalami masalah pada sistem pengisian aki.

Recall juga "menular" ke Bajaj Auto. Produsen motor terbesar di India itu mengumumkan penarikan kembali (recall) varian Pulsar 220 DTS-i. Penarikan dilakukan karena ditemukan masalah pada relay dinamo starter.

Penggantian komponen relay dinamo starter akan dilakukan secara gratis. Adapun perbaikannya hanya membutuhkan waktu 20 menit.



Awal Tahun, Honda Masih Rajai Pasar Motor
Total penjualan sepeda motor pada Januari 2012 adalah 645.863 unit.

Sepeda motor buatan Honda masih menjadi yang terpopuler di pasar motor tanah Air pada awal tahun ini. Produk Honda mampu terjual sebanyak 382.473 unit di bulan Januari 2012.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Senin 20 Februari 2012, penjualan Honda pada bulan Januari 2012 mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun lalu, yakni 331.596 unit. Sedangkan pada bulan sebelumnya (Desember 2011), Honda berhasil membukukan penjualan 281,817 unit.

Kompetitor utama Honda, Yamaha, harus puas di posisi kedua. Pada Januari 2012, produk Yamaha mampu terserap pasar sebanyak 205.304 unit. Penjualan Yamaha mengalami penurunan jika dibandingkan bulan yang sama pada tahun 2011. Saat itu, Yamaha sukses menjual 276.586 unit.

Tapi penjualan Yamaha di bulan Februari diprediksi akan meningkat. Pasalnya, produsen berlambang garpu tala ini telah meluncurkan dua motor matik terbarunya, yaitu Mio Fino dan Mio J.

Adapun untuk posisi ketiga dan keempat masing-masing ditempati oleh Suzuki dengan raihan penjualan 49.315 unit, dan Kawasaki sebanyak 7.623 unit. Terakhir di posisi ke lima diisi oleh TVS dengan torehan penjualan 1.148 unit. Total penjualan sepeda motor pada Januari 2012 adalah 645.863 unit.


Sehebat Apa Motor Sport Terbaru Aprilia
Motor ini dibekali mesin V-Twin 1197 cc yang mampu menghasilkan tenaga 130 hp.


Persaingan motor sport di pasar dunia semakin ketat. Di awal tahun ini, mereka terus berlomba-lomba memperkenalkan produk teranyarnya. Salah satunya adalah Aprilia.

Dilansir Visordown, Rabu 9 Februari 2012, pabrikan motor asal Italia ini memperlihatkan jagoan terbaru dari motor sport miliknya, Aprilia Caponord 1200, di meeting Piaggio International, pekan lalu.

Aprilia Caponord 1200 menggunakan basis milik Dorsoduro 1200, dengan sasis, mesin dan suspensi yang sama. Perbedaan hanya terletak dari segi parasnya.

Desain Caponord 1200 memang terlihat garang, layaknya motor adventure. Desain tubuhnya terinspirasi dari garis desain Aprilia RSV4. Motor ini dibekali mesin V-Twin 1197 cc yang mampu menghasilkan tenaga 130 hp.

Motor yang rencananya mulai dipasarkan dalam waktu dekat ini akan menjadi lawan serius bagi Ducati Multistrada atau BMW GS.


Dua Motor Terbaru Suzuki, Apa Hebatnya?
Rencananya kedua motor ini akan mulai diniagakan di India, pada bulan Maret mendatang.



Tak mau kalah dengan Yamaha, produsen motor asal Jepang lainnya, Suzuki, juga meluncurkan dua varian motor terbarunya. Kedua varian yang dirilis di pasar motor India, adalah Suzuki Hayate dan skutik Swish 125 cc.

Dilaporkan Motorbeam, Selasa 24 Januari 2012, kedua varian motor ini memiliki segmen yang berbeda. Suzuki Hayate untuk segmen motor sport, sedangkan Swish 125 cc untuk segmen skutik.

Suzuki Hayate dibekali mesin berkapasitas 110 cc. Motor berbobot 112 kg ini memang diperuntukan untuk motor perkotaan, dan menyasar masyarakat menengah ke bawah di India.

Untuk menekan biaya, sistem pengereman pada Hayate sengaja dibuat standar. Dengan mengadopsi sistem pengereman tromol di depan dan belakangnya. Motor ini nantinya akan menjadi pesaing kuat Honda Dream Yuga.

Adapun untuk segmen skutik, Suzuki mengandalkan Swish 125 cc. Motor matik ini mengendong mesin dengan kapasitas 125cc, satu silinder, 4-stroke engine dan gearbox matik CVT. Mesin tersebut dapat melontarkan tenaga 8.58 hp pada putaran mesin 7.000 RPM dan torsi 9.8 Nm pada putaran 5.000 RPM.

Suspensi depannya telah menggunakan telescopic. Joknya juga sengaja dibuat lebih lebar dari varian matik Suzuki lainnya. Rencananya kedua motor tersebut akan mulai diniagakan di India, pada bulan Maret mendatang.


Motor Sport Terbaru Yamaha Hanya Rp10 Juta
Motor sport ini diluncurkan untuk pasar motor India.


Pertarungan pasar motor sport India semakin memanas. Di awal tahun ini, perusahaan motor asal Jepang, Yamaha, kembali meluncurkan dua model motor sport terbaru.

Dilansir Motorbeam, Selasa 22 Januari 2012, kedua sport motor itu adalah Yamaha SZ-R dan Yamaha SZ-X. Kedua model terbaru ini memang tidak banyak berubah dari model sebelumnya. Namun, Yamaha melakukan penyegaran dari segi desain dan tampilan warna.

Seri SZ dibekali mesin berkapasitas 153 cc, 4 langkah, berpendingin udara, SOHC. Mesin 2 katup ini mampu memproduksi tenaga sebesar 12,1 hp pada 7.500 rpm dan 12,8 Nm pada 4.500 rpm pada torsi.

Kedua varian ini (SZ-R dan SZ-X), memiliki tenaga yang sama. Namun, pada SZ-R di bagian depannya sudah dilengkapi dengan rem cakram, tidak seperti SZ-X yang hanya menggunakan rem tromol.

SZ-R hadir dengan tiga varian warna, yakni merah, hitam dan putih. Sedangkan SZ-X memiliki pilihan warna, yaitu merah, hitam, dan perak.

Yamaha melepas SZ-X dengan harga 56.500 rupee atau sekitar Rp10 juta. Sedangkan SZ-R dibanderol 62.800 rupee atau sekitar Rp11 juta (harga on-road Mumbai).

Yamaha seri SZ diharapkan mampu bersaing dengan Bajaj Discover dan Honda Unicorn di pasar motor sport India. Produsen berlambang garpu tala ini memang tengah gencar meluncurkan produk-produk terbarunya di negara-negara Asia. Di Indonesia, Yamaha juga bakal merilis dua varian skutik terbarunya, yakni Yamaha Fino dan Mio J.

Tidak ada komentar:

KLIK GAMBAR

KLIK GAMBAR

ATURAN DASAR KEGIATAN AMATIR RADIO

ATURAN DASAR KEGIATAN AMATIR RADIO
WAJIB DI BACA

CARA KOMUNIKASI DENGAN RELAY INTERNET

CARA KOMUNIKASI DENGAN RELAY INTERNET
KLIK GAMBAR UNTUK LIHAT BERITA

Total Tayangan Halaman